Perlukah Coaching Karyawan untuk Perusahaan? – Manfaat Program Coaching untuk Perusahaan Anda

                      Oleh : Imam Andhika Poetra 

Berkembangnya berbagai sektor pada dunia bisnis memaksa seluruh bagian perusahaan untuk ikut berkembang. Tak hanya pada sektor teknologi, perkembangan di bidang media dan ekonomi pun menuntut berbagai perusahaan agar dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut. Kini, kita dapat melihat munculnya profesi-profesi baru yang juga menyesuaikan dengan berkembangnya teknologi informasi seperti digital marketing, data science, data analyst, serta UI/UX. Menghadapi perkembangan yang pesat tersebut, perusahaan harus dapat menyesuaikan dengan keadaan yang akan dan sedang dihadapi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, coaching menjadi salah satu usaha untuk menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan perkembangan zaman ini.

Coaching adalah kegiatan yang bertujuan untuk membuka potensi individu serta memaksimalkan kinerja yang dimiliki. Berbagai macam coaching yang tersedia dapat dilakukan oleh perusahaan untuk dapat meningkatkan kemampuan karyawannya pada karyawan muda maupun pada tingkat manajerial dan pimpinan. Lalu, apa saja manfaat diadakannya coaching untuk karyawan bagi sebuah perusahaan?

 

  1. Meningkatkan Kekompakan dan Kerja Tim
Sumber: pexels.com

Membangun kekompakan dalam sebuah tim akan sangat menguntungkan dalam proses pencapaian sebuah tujuan. Seperti yang kita ketahui, kinerja tim akan sangat membantu dalam mencapai sebuah target yang memerlukan banyak pihak untuk mencapainya. Kegiatan coaching yang dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan kerja sama tim tentunya diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan membangun lingkungan kerja yang positif bagi sebuah perusahaan. Apabila coaching yang dilakukan dapat membentuk ikatan kuat serta membangun rasa saling percaya pada masing-masing rekan kerja, hal ini akan menguntungkan perusahaan dan meningkatkan motivasi karyawan.

2. Menggali Potensi Individu Karyawan

Sumber: pexels.com

Kemampuan unik yang dimiliki setiap karyawan pada setiap bidang perlu dijaga agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Hadirnya berbagai jenis coaching yang tersedia akan membantu perusahaan untuk memperdalam kemampuan karyawannya. Memfasilitasi karyawan dengan coaching yang sesuai dengan kemampuan dan minat para karyawan tentu akan meningkatkan motivasi dan kemampuan individu. Tak hanya bermanfaat bagi perusahaan, ilmu dari coaching tersebut dapat bermanfaat juga kepada karyawan dan meningkatkan rasa keterikatan dengan perusahaan.

3. Mengenali Soft Skill dan Hard Skill Terkini

Sumber: Unsplash.com

Melihat perkembangan industri yang ada saat ini memaksa setiap perusahaan untuk beradaptasi. Munculnya berbagai profesi dan tools baru membuat setiap perusahaan berlomba-lomba untuk dapat menguasai hal tersebut. Tak hanya hard skills, soft skills yang relevan pun perlu dikuasai karyawan pada level dasar hingga level manajerial.  Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mengikuti perkembangan zaman dan selalu relevan dengan keadaan yang akan dan sedang dihadapi saat ini. Meningkatkan soft skills dan hard skills karyawan akan memberikan benefit besar bagi perusahaan.

4. Membangun Lingkungan dan Wajah Perusahaan yang Positif

Sumber: Unsplash.com

Memberikan fasilitas yang baik kepada karyawan tentu akan meningkatkan kebahagiaan karyawan selama bekerja pada instansi tertentu. Dengan fasilitas yang baik dan menyenangkan, karyawan pun akan lebih menikmati dan happy untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Pemberian fasilitas ini akan membangun lingkungan kerja yang positif dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, lingkungan dan fasilitas yang positif ini dapat menjadi branding yang baik bagi sebuah perusahaan. Kerja sama dengan perusahaan lain maupun naiknya klien/konsumen akan semakin mudah didapatkan bila perusahaan memiliki kesan yang positif baik dari karyawan maupun klien yang telah dilayani.

Itulah manfaat yang bisa didapatkan sebuah perusahaan bila melakukan langkah coaching untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman yang sangat pesat. Perusahaan dapat mempertimbangkan langkah ini karena manfaat yang didapatkan akan sangat bermanfaat bagi banyak pihak, terutama perusahaan itu sendiri. Apabila Anda ingin mengambil langkah ini, Anda dapat menggunakan produk Pelatihan & Pengembangan yang kami miliki. Silakan kunjungi www.werkudarains.co.id untuk info lebih lanjut mengenai berbagai pelatihan yang kami sediakan.

 

Sumber:

https://smartpresence.id/blog/pekerjaan/manfaat-coaching-bagi-karyawan (diakses pada 19 Februari 2021)

https://www.coachingindonesia.com/index.php/manfaat-coaching-perusahaan/ (diakses pada 19 Februari 2021)

 

Passmore, J.,(2010),Excellence in Coaching:Panduan Lengkap menjadi. Coach Profesional, Jakarta, PPM Manajemen.